Saturday 19 March 2011

Buat renungan

(Petikan komentar Pak Oge di anggrek.org)


Cobalah anda renungkan sedikit tentang harga anggrek yang mahal ini, kita sebagai kolektor mungkin menanam anggrek hanya untuk kesenangan saja, tinggal beli, letakkan ditempat yang cocok dirumah dan dirawat dengan harapan berbunga, itupun mungkin bukan kita sendiri yang mengerjakan. Kalaupun si anggrek yang kita beli itu mati kita masih bisa beli lagi karena kita tidak menggantungkan penghasilan dari sana.
Sekarang bayangkanlah anda sebagai seorang pemulia/pekebun anggrek yang mengandalkan penghasilan anda dari anggrek tersebut. Harus menanam dan merawat sampai berbunga, membuahkan bunga untuk mendapatkan biji dan kemudian mengkulturkannya dalam botol sampai siap dijual, berapa lama waktu yang anda butuhkan? berapa banyak peralatan dan pengetahuan yang harus anda miliki? Berapa banyak pegawai yang harus di gaji? Bagaimana kalau gagal?
Menurut hemat saya sangat wajar kalau harga anggrek itu mahal, 500rb per botol dengan isi rata2 20an adalah sangat murah dibandingkan dengan tingkat kesulitan dan waktu pembudidayaannya apa lagi kalau bunganya memang bagus dan memang anggrek langka.
Coba bandingkan harganya dengan tanaman lain Aglonema atau anthurium, 1 daun 50rb – 100rb bahkan bisa jutaan. Beli satu anda bisa memperbanyaknya dengan mudah. Apakah harga anggrek mahal?
Lagian kalau tidak mahal kita tidak pernah bisa menghargainya… ya kan?

     
      Selamat berkebun

No comments: